RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : MA/SMA
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas/
Semester : XII/ Ganjil
Pokok Bahasan : Invers
Matriks Berordo 2 x 2
Alokasi
Waktu : 1 x 15 Menit
A. Standar
Kompetensi
3. Menggunakan konsep matriks, vector, dan
transformasi dalam pemecahan masalah.
B. Kompetensi
Dasar
3.2. Menentukan determinan dan invers matriks
berordo 2 x 2
C. Indikator
Menentukan invers matriks berordo 2 x 2
D. Tujuan
Pembelajaran
Setelah pembelajaran ini, diharapkan:
Siswa
dapat menentukan invers matriks berordo 2 x 2
E. Metode
Pembelajaran
Ceramah, Ekspositori, Resitasi
F.
Model Pembelajaran
Make a Match (mencari pasangan)
G.
Materi Pembelajaran
Invers Matriks berordo 2 x 2
H. Sumber
dan Media Pembelajaran
Sumber : Buku Matematika Aplikasi untuk Kelas
XII Program IPA, Pesta. E. S dan Cecep Anwar H. F. S, penerbit : Pusat
Perbukuan Depdiknas.
Media : Alat tulis (white board, spidol, penghapus), LCD.
I.
Langkah-Langkah Pembelajaran
No
|
Kegiatan
|
|
Metode
|
|
1
|
Pendahuluan
|
2
menit
|
Ceramah
|
|
Guru
|
Siswa
|
|||
·
Mengucapkan
salam
·
Mengecek
kehadiran siswa
·
Mengecek
kesiapan siswa
·
Berdo’a
·
Menyebutkan bahan-bahan
yang akan dipelajari.
|
·
Menjawab
salam
·
Menjawab
kehadiran
·
Menjawab
kesiapan
·
Berdo’a
·
Mendengarkan
|
|||
2
|
Kegiatan
Inti
|
3 menit
2 menit
2 menit
1 menit
1 menit
2 menit
|
Ekspositori
|
|
Guru
|
Siswa
|
|||
a.
Guru menjelaskan konsep
invers matriks
b.
Guru memberi contoh
soal
c.
Guru memberi
pengarahan dan menyiapkan beberapa kartu untuk dibagikan.
Ada dua buah kartu yang berisi matriks yang saling
invers. Kartu di acak.
Soal pada kartu adalah menentukan invers matriks
yang jawabannya ada pada kartu soal yang
lain.
d. Guru
memberi point kepada pasangan yang dapat membuktikan invers matriks sebelum
waktu yang ditentukan.
|
a. Siswa
memperhatikan
b. Siswa
memperhatikan
c. Siswa
mendengarkan
d.
Setiap siswa mendapat satu buah kartu dan memikirkan
jawaban dari soal yang ada pada kartu yang dipegang.
e.
Masing-masing
siswa mencari pasangan yang memiliki kartu jawaban dari soal
pada kartunya.
f. Siswa yang telah menemukan pasangannya, membuktikan
bahwa matriks pada kartu mereka saling invers.
|
|||
3
|
Penutup
|
2
menit
|
|
|
Guru
|
Siswa
|
|||
a. Guru
memberi Pekerjaan Rumah untuk siswa
b. Guru
menyimpulkan pelajaran
c. Mengucap
Hamdalah
|
a. Siswa
mencatat pekerjaan rumah
b. Siswa menyimpulkan
pelajaran
c. Alhamdulillah
|
J.
Penilaian
1. Penilaian
afektif yaitu selama proses belajar-mengajar berlangsung
2. Penilaian
psikomotorik melalui keterampilan (keaktifan) siswa dalam kegiatan
pembelajaran.
3. Penilaian
kognitif yaitu pada pekerjaan rumah
Mengetahui,
Supervisor
Hasby Assidiqi, S. Pd, M.Si
NIP. 19821019 2009 1 004
|
Banjarmasin, 9 Mei 2012
Praktikan
Ulya Alfiani
NIM: 0901250474
|